nusakini.com - Persib Bandung berhasil bangkit dari hasil buruk sebelumnya setelah mencatat kemenangan telak atas Persiraja Banda Aceh di Stadion Maguwoharjo, Rabu (24/11) malam WIB, pada laga pekan ke-13 Liga 1 2021/22.

Kemenangan itu kembali membawa Persib ke peringkat dua klasemen sementara usai mengoleksi nilai 28, menggusur Arema dengan keunggulan dua angka. Persib kini terpaut satu poin dari pemuncak klasemen Bhayangkara FC. Sedangkan Persiraja makin terbenam di dasar klasemen, karena baru mengumpulkan lima poin.


Pertandingan ini diwarnai masuknya ambulance pada menit ke-89 setelah bek Persiraja Ramadhan tergeletak tidak sadarkan diri akibat terkena hantaman bola sangat keras di bagian dadanya.

Persib yang tidak ingin kehilangan angka lagi, menerapkan permainan agresif sejak menit awal. Skema ini membuat barisan belakang Persiraja harus bekerja keras untuk menghalau bola.

Upaya Persib untuk mengungguli lawannya terlebih dulu baru membuahkan hasil ketika laga memasuki menit ke-20. Tendangan bebas Marc Klok tidak mampu dijangkau kiper Aji Bayu Putra.

Gol itu membuat penggawa Persiraja sedikit goyah. Akibatnya, Persib berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-29. Umpan Wander Luiz diselesaikan Geoffrey Castillion dengan baik.


Pemain Persiraja makin terpuruk setelah Persib memperbesar keunggulan. Selang lima menit kemudian, Luiz mencatatkan namanya di papan skor usai menjebol gawang Aji Bayu menyambut umpan Frets Butuan.

Bahkan Luiz nyaris memperbesar keunggulan Maung Bandung empat menit menjelang babak pertama berakhir. Sayangnya, sepakan lambung pemain asal Brasil ini menghajar mistar gawang, sehingga babak pertama ditutup dengan skor 3-0.

Keunggulan tiga gol tidak mengendurkan tekanan Persib ke pertahanan Persiraja. Di lain sisi, Laskar Lantak Laju mengalami kesulitan untuk mengembangkan permainan, sehingga tak banyak memberikan ancaman ke pertahanan Persib.


Tim besutan Robert Rene Alberts memperlihatkan dominasi mereka dengan menambah perbendaharaan gol lewat eksekusi penalti Luiz pada menit ke-53. Hadiah penalti diberikan wasit akibat pelanggaran Shori Morata yang menarik Castillion di kotak terlarang.

Di tengah upaya memperkecil ketertinggalan, Persiraja justru harus bermain dengan sepuluh orang setelah pemain pengganti Hamdan Zamzani diganjar kartu kuning kedua pada menit ke-67.

Kendati hanya bermain dengan sepuluh orang, Persiraja masih mampu memberikan ancaman serius. Namun gol Defri Rizki di menit ke-73 dianulir wasit, karena pemain bernomor punggung 77 itu dianggap heng ketika berebut bola dengan pemain belakang Persib.

Pada menit ke-89, ambulance terpaksa masuk ke dalam lapangan setelah bek Persiraja Ramadhan tidak sadarkan diri terkena bola sepakan Esteban Vizcarra yang berbelok arah akibat terkena kaki Leo Lelis lima menit sebelumnya.

Bola yang menghantam dada Ramadhan ini sempat diceploskan Beckham Putra, namun dianulir wasit, karena pemain Persib itu dianggap dalam posisi off-side. Skor 4-0 pun tidak mengalami perubahan hingga laga usai. (gi/om)